Hubungi Kami Tlp.081265186770.

Pomparan PGM Rencanakan Pemindahan Makam Oppu Raja Guru Mangaloksa ke Bona Pasogit.


Medan,Torang Lumbantobing (Toluto) didampingi pengurus PGM lainnya seperti Drs Leben Panggabean MPd (Sekum Punguan Pomparan Siraja Panggabean/Boru/Bere Bona Pasogit), Drs Jamuara Panggabean, Hotman Simorangkir, Maridup Lumban Tobing, Horas Hutagalung (Sekretaris II PGM), Saur Lumban Tobing (Bendahara PGM), Batara Gultom dan Savormin Huabarat. dan pengurus lainnya audiensi ke Kantor Harian SIB di Medan, Sabtu (22/8) siang. “Tujuan kehadiran kami ke Harian SIB, untuk memberitahukan rencana pemindahan makam Oppu Raja Guru Mangaloksa, sekaligus memohon dukungan dan doa dari Ny DR GM Panggabean R boru Hutalung. Sehingga semua kegiatan yang kami rencanakan bisa berjalan lancar dan selesai dengan baik,” kata Toluto kepada Pemimpin Umum SIB Ny DR GM Panggabean R boru Hutagalung.

Mantan Bupati Taput ini juga menyampaikan, rencana kegiatan pemindahan makam Ompu Raja Guru Mangaloksa yang akan dilaksanakan dua hari. Hari pertama, 14 September 2015 mulai pukul 08.00 WIB, dilakukan penggalian dan sekaligus membawa tulang belulang Ompu Raja Guru Mangaloksa dari Sigaol, Kabupaten Tobasa ke Rura Silindung Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.
Hari kedua, 15 September 2015, dimulai pukul 09.00 WIB diisi acara pengangkatan (memasukkan) tulang belulang Ompu Raja Guru Mangaloksa ke makam yang sudah dibangun sebelumnya di Rura Silindung Tarutung, atau tepatnya di Simorangkir Kecamatan Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara. “Di hari kedua itu, kita juga melakukan syukuran dan doa bersama. Untuk itu kami juga mengundang secara khusus seluruh keluarga besar almarhum DR GM Panggabean agar hadir dalam acara nanti,” kata Toluto.
Ditambahkan Jamuara Panggabean, adapun Pomparan Guru Mangaloksa itu yakni : Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, Hutatoruan (Hutapea/Lumban Tobing).
Selain itu, kata Toluto, untuk rencana besar ini, pihaknya juga sangat berharap dukungan dari Harian SIB. Sehingga semua keturunan Ompu Raja Guru Mangaloksa dapat mengetahui dan hadir saat acara dilaksanakan nanti. “Harian SIB juga tidak terpisahkan dari PGM. Sebab pendiri Harian SIB almarhum DR GM Panggabean merupakan salah satu tokoh dari PGM, dan juga telah berjasa membesarkan nama PGM melalui harian SIB,” katanya.
Menurut Ny R boru Hutagalung , semasa hidupnya DR GM Panggabean juga banyak memberi nasehat dan masukan kepada pengurus PGM . “Dengan nasehat dan masukan yang diberikan almarhum DR GM Panggabean dan pemberitaan di SIB selama ini, PGM bisa dikenal di seluruh Indonesia, serta lebih kompak,” ucapnya.
Dia menuturkan, melalui pemberitaan di SIB nanti para keturunan Pomparan Guru Mangaloksa yang ada di seluruh Indonesia maupun luar negeri dapat berduyun-duyun hadir pada acara tersebut. “Kami juga bersyukur harian SIB tetap jaya hingga saat ini. Kami sendiri yang hadir di sini pernah menjadi loper koran SIB di Tarutung tahun 70-an. Makanya PGM dan Harian SIB tidak bisa dipisahkan, dalam sejarah SIB,” ucapnya, seraya menyampaikan terimakasih kepada Ny R boru Hutalung yang sebelumnya juga telah memberikan sumbangan Rp10 juta kepada panitia.
Ny R boru Hutagalung menyampaikan, Harian SIB siap mendukung acara tersebut sehingga seluruh keluarga besar dan turunan PGM bisa hadir nanti. “Kita juga harus membawa acara ini di dalam doa, sebab dengan doa Tuhan akan memberi kelancaran acara tersebut sehingga selesai. Walaupun acara itu sudah kita persiapkan, tapi kalau tidak dibawa dalam doa, ini akan sulit dikerjakan,” ucapnya.
Dalam kesempatan itu, ia berpesan kepada semua pengurus agar tetap kompak. “Dengan kekompakan para pengurus dan keluarga besar PGM disertai doa, semua rencana kita akan lancar. Sebab Tuhan ikut bekerja dan memberikan berkat-Nya kepada kita semua. Kita boleh berencana tapi Tuhan yang menentukan. Untuk itu para panitia harus bekerja di dalam Tuhan,”  kalaupun ada halangan atau ganjalan dalam acara ini, para pengurus PGM harus juga tetap bersatu. “Contohnya, kalau lidi disatukan maka sapu lidi itu akan kuat dan bisa membersihkan halaman yang kotor. Sebab dengan bersatunya kita, maka rencana tersebut akan sukses nantinya,” paparnya.
Dia juga mengatakan, untuk kegiatan ke depannya Harian SIB siap berperan sehingga kegiatan ini bisa sukses nantinya. “Namun kesuksesan acara ini sebenarnya kuncinya di tangan para pengurus PGM. Pengurus PGM harus siap meluangkan waktu dan tenaganya agar acara ini bisa sukses,” ujarnya.Apalagi, lanjutnya, rencana ini sangatlah berat dan perjuangan para pengurus PGM sangat berat. “Sementara rencana ini sangat bagus dan nantinya bisa menjadi ilmu pengetahuan dalam budaya dan sejarah bagi generasi muda keturunan Oppu Raja Guru Mangaloksa, katanya mengakhiri.(PGM-Center)
Share on Google Plus

About www.bppkrinews.com